Senin, 27 Januari 2014

sekilas info tentang omega 6 dan 9

Omega-6
Tak jauh berbeda dengan Omega-3, Omega-6 juga lemak tak jenuh ganda yang tidak diproduksi tubuh.  Jenis asam lemak ini antara lain asam linoleat, gamma-linoleat dan asam arakidonat.
Manfaat:
Tentu setiap orang ingin jantungnya sehat dan Omega-6 memiliki peran dalam hal itu.  Manfaat Omega-6 yang menyehatkan organ jantung menjadi penting bila ingin terhindar dari penyakit jantung.
Dalam beberapa literatur disebutkan, asupan asam lemak  omega-6 juga harus diseimbangkan dengan asam lemak esensial lainnya yakni omega-3. Menurut para ahli, asam lemak omega-3 dan omega-6 memiliki fungsi yang saling berkaitan. Keduanya bekerja bersinergi memelihara kesehatan kulit, kuku, rambut, hormon, meringankan gejala asma, serta mencegah kerusakan sel pada pengidap kanker.
Sumber:
Omega-6 terkandung pada jenis kacang-kacangan dan biji-bijian.  Jadi, bila ingin jantung sehat jangan
lupa menambahkan kedelai, bunga matahari, jagung, kacang tanah, minyak nabati atau daging merah pada menu harian Anda.


Omega-9
Masih dari keluarga lemak tak jenuh, Omega-9 dikenal sebagai asam oleat.  Asam lemak ini diproduksi oelha tubuh namun akan lebih berkhasiat bila diperoleh dari makanan.
Manfaat:
Anda hobi makan gorengan atau sesuatu yang mengandung banyak minyak?  Omega-9 bisa dijadikan solusi dalam mengurangi lemak jahat pada minyak goreng.  Bahkan, bila dikonsumsi secara teratur, risiko penyakit jantung dan stroke ternyata bisa berkurang!
Sumber:
Minyak canola, minyak bungan matahari, minyak zaitun, almond dan alpukat adalah makanan yang mengandung asam oleat.  Semua sumber makanan itu berperan sama, mengurangi risiko jantung koroner.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar